Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Social Media, Mana Nih yang Anda Punya?

  • banjardigital
  • Oct 31, 2022

BanjarDigital.com – Penggunaan sosial media sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Tak hanya sekadar untuk menjalin komunikasi saja, sosial media bahkan juga dimanfaatkan untuk kebutuhan marketing hingga branding. Yuk kenali sosial media lebih dalam dengan membaca ulasan mengenai pengertian social media dan fungsinya, berikut jenis-jenisnya di bawah ini.

Pengertian Sosial Media Menurut Ahli

Pemahaman akan sosial media bisa dimulai dengan mencari tahu pengertian media sosial menurut para ahli. Menurut Kaplan dan Haenlein (2010), media sosial merupakan kumpulan aplikasi berbasis internet yang dikembangkan berdasarkan ideologi dan fondasi teknologi Web 2.0, di mana aplikasi tersebut memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat pengguna.

Definisi yang tak jauh berbeda mengenai sosial media juga dikemukakan oleh Kietzmann et al (2011). Menurut Kietzmann et al (2011), media sosial merupakan layanan berbasis web yang memungkinkan individu, komunitas, dan organisasi untuk melakukan kolaborasi, koneksi, dan interaksi, dengan menciptakan, memodifikasi, dan membagikan konten milik pengguna.

Pengertian akan media sosial juga dipaparkan oleh Tuten dan Solomon (2011). Menurut Tuten dan Solomon (2015), media sosial merupakan bentuk komunikasi, kolaborasi, dan kultivasi online di antara orang-orang, komunitas, dan organisasi yang terinterkoneksi dan interdependen, dengan dukungan teknologi.

Berdasarkan pengertian social media menurut ahli tersebut, bisa disimpulkan kalau istilah sosial media merujuk pada teknologi berbasiskan komputer, yang memfasilitasi aktivitas berbagi ide, pikiran, dan informasi melalui jaringan dan komunitas virtual. Media sosial memungkinkan pengguna untuk saling berbagi konten, baik itu berupa informasi pribadi, dokumen, video, ataupun foto.

Fungsi Social Media

Meskipun kerap disebut sebagai media untuk menjalin komunikasi, fungsi sosial media jauh lebih dari sekadar untuk berkomunikasi saja. Dewasa ini, sosial media bahkan bisa dijadikan sebagai media untuk memperoleh pendapatan, hingga membangun brand awareness sebuah perusahaan. Simak berikut ini beberapa fungsi dari sosial media tersebut.

1.      Menggambarkan Identitas

Tak salah kiranya jika sosial media disebut memiliki fungsi untuk menggambarkan identitas orang yang memilikinya. Sederhananya saja, orang lain bisa mengetahui nama, usia, pekerjaan, jenis kelamin, tempat tinggal, sekolah, dan aspek identitas lainnya milik seseorang, dengan melihat sosial media orang tersebut.

Selain itu, dari aktivitas yang dilakukan oleh pemilik sosial media tersebut, misalnya seperti meninggalkan komentar, mengikuti pengguna tertentu, menyukai dan tidak menyukai suatu konten, akan bisa membuat orang yang melihatnya menyimpulkan apa prinsip dan nilai yang dipegang oleh pemilik sosial media tersebut.

2.      Menjalin Komunikasi dan Interaksi

Jika bicara mengenai fungsi dari sosial media, tentu saja menjalin komunikasi harus menjadi salah satu bagiannya. Semua sosial media diciptakan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dan interaksi antar pengguna. Dengan begini, maka jarak yang jauh pun tak akan menjadi penghalang untuk menjalin komunikasi tersebut.

Apakah komunikasi yang dimaksud hanya dengan saling berbicara saja? Tentu saja tidak. Komunikasi dan interaksi yang berlangsung melalui sosial media bisa berupa saling bertukar pesan, meninggalkan komentar di konten orang lain, menyebutkan orang lain dalam konten yang diunggah, hingga menggunakan hashtag. Semuanya itu adalah bentuk dari interaksi.

3.      Menjadi Media untuk Berbagi

Sosial media juga berfungsi sebagai tempat untuk berbagi atau saling membagikan konten. Entah itu kontennya berupa teks, foto, audio, ataupun video, semuanya bisa dengan mudah dibagikan melalui sosial media. Konten tersebut bisa dengan mudah diakses oleh semua orang, sehingga akan terasa bermanfaat bagi orang yang memang membutuhkannya.

4.      Menjalin dan Memelihara Hubungan atau Koneksi

Sosial media merupakan media yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan menjalin dan memelihara hubungan atau koneksi. Tak hanya sebatas hubungan keluarga atau pertemanan saja, melainkan juga hubungan dalam hal profesional kerja. Melalui sosial media, interaksi tetap bisa berjalan agar hubungan bisa tetap bertahan, walaupun fisik dalam kondisi berjauhan.

5.      Membangun Reputasi

Dewasa ini, tak sedikit orang yang memanfaatkan sosial media yang dimilikinya untuk membangun citra atau reputasi dirinya atau bisnis yang dijalankannya. Fungsinya satu ini juga bisa disebut sebagai bentuk membangun brand awareness. Semakin tersohor akun sosial media yang dimiliki, bisa diartikan kalau brand awareness-nya semakin meningkat.

6.      Membentuk Kelompok atau Komunitas

Tak sulit untuk menemukan orang yang sependapat dan sepemikiran dengan Anda di sosial media. Tak harus saling bertemu, namun dengan adanya sosial media, Anda bisa ditemukan dengan orang-orang yang ternyata saling berbagi opini dan ide yang sama. Bahkan, suara komunitas atau kelompok di media sosial bisa terdengar begitu keras gaungnya di permukaan.

Jenis-Jenis Social Media

Makin hari, makin banyak sosial media yang berhasil menarik minat masyarakat. Masing-masing platform sosial media ini tentu punya keunggulannya masing-masing, mulai dari yang dirasa unggul sebagai platform untuk berbagi konten berupa foto, hingga yang dianggap paling bagus sebagai platform berbagi video. Simak berikut ini jenis-jenis social media tersebut.

1.      Facebook

Tidak afdol rasanya jika tak menyebutkan Facebook saat membahas mengenai sosial media. Facebook merupakan sosial media yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Melalui Facebook, pengguna bisa saling berbagi konten seperti foto, audio, video, dan artikel, serta membagikan ide dan pikiran melalui fitur yang dimilikinya.

2.      Instagram

Instagram merupakan platform sosial media yang didirikan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Platform sosial media satu ini dikenal sebagai platform berbagi foto dan video. Para pengguna bisa mengunggah foto dan videonya, serta melihat, memberikan komentar, menyukai unggah video dan foto lain yang diunggah oleh pengguna lain.

3.      Twitter

Twitter merupakan sosial media yang menjadi tempat untuk orang-orang saling berinteraksi melalui pesan singkat yang disebut dengan istilah ‘tweet’. Twitter ini sendiri diciptakan oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams pada tahun 2006. Adapun fitur utama dari Twitter adalah seperti retweet, reply, dan like.

4.      Tiktok

Tiktok merupakan aplikasi sosial media yang menjadi tempat untuk berbagi video pendek atau video-sharing app. Pengguna bisa menciptakan, membagikan, dan menemukan video pendek menarik, di mana video tersebut bisa berupa orang yang sedang bernyanyi, menari, melakukan lipsync, dan lainnya. Aplikasi Tiktok ini sendiri diciptakan oleh Zhang Yiming pada tahun 2016.

5.      Youtube

Youtube merupakan sosial media yang menjadi tempat berbagi video gratis oleh penggunanya. Sosial media ini diluncurkan pada tahun 2005 oleh Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley. Pengguna bisa menonton video, mengunggah video, menyukai video, memberi komentar, dan membagikan kembali video yang ditontonnya di sosial media ini.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian sosial media dan fungsinya, berikut dengan beberapa jenis sosial media yang kini digemari oleh masyarakat luas. Seiring dengan berjalannya waktu, makin banyak saja fitur menarik yang disematkan pada masing-masing sosial media tersebut, sehingga membuat pengguna betah untuk terus menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *