Bantu Tingkatkan Traffic Blog, Ini Pengertian dan Manfaat SEO

  • banjardigital
  • Nov 07, 2022

BanjarDigital.com – Merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pemilik blog jika blog yang dimilikinya nangkring di posisi teratas di laman hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya. Nah, salah satu kunci untuk bisa mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengaplikasikan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Simak ulasan mengenai pengertian SEO dan fungsinya di bawah ini.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Sebagian dari Anda mungkin masih belum akrab dengan yang namanya SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan seperangkat metode yang digunakan untuk meningkatkan rangking atau peringkat sebuah website pada daftar hasil pencarian mesin pencari. Strategi SEO yang bagus akan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic pada website yang Anda miliki.

Adapun fungsi utama dari pengaplikasian SEO ini adalah untuk mendapatkan peringkat terbaik atau teratas pada laman hasil pencarian mesin pencari, yang kemudian akan membuat target audiens menjadi lebih luas. Website dengan konten yang sudah dirancang sebagus mungkin pun, belum tentu bisa berada di peringkat teratas, tanpa adanya pengaplikasian teknik seperti SEO.

Teknik SEO (Search Engine Optimization)

Dalam rangka meningkatkan traffic organik dengan memanfaatkan SEO, ada beberapa teknik SEO yang bisa digunakan. Dengan mengimplementasikan teknik SEO ini, maka visibilitas dan traffic dari website atau blog yang Anda kelola bisa mengalami peningkatan. Simak berikut ini beberapa teknik SEO tersebut.

1.      Implementasikan Optimisasi Konten

Optimisasi konten merupakan teknik SEO yang bisa Anda implementasikan untuk meningkatkan traffic dan visibilitas website. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimisasi konten ini seperti dengan menentukan jumlah kata dan keyword density yang sesuai, mengidentifikasi halaman yang mengalami penurunan traffic, serta membuat meta description yang berkualitas.

2.      Menggunakan Long Tail Keyword

Pengaplikasian SEO bisa dilakukan dengan menggunakan long tail keyword pada konten yang Anda buat. Long tail keyword ini sendiri merupakan kata kunci turunan dari short tail keyword, di mana sifatnya lebih spesifik, lebih mendekati target, serta tingkat persaingan kata kuncinya lebih kecil pada mesin pencari dibandingkan dengan short tail keyword.

3.      Memasang Kata Kunci pada Alternative Text

Teknik SEO selanjutnya adalah dengan memasang kata kunci atau keyword pada alternative text (alt text). Alternative text ini merupakan teks singkat yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah gambar atau foto. Crawler mesin pencari sendiri menggunakan alternative text ini untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindeks gambar tersebut dengan lebih baik.

4.      Memasang Kata Kunci pada Header

Jangan lupa untuk memasang kata kunci atau keyword pada header. Dengan memasang kata kunci pada header, maka mesin pencari dan penggunanya akan menerima sinyal kalau konten yang Anda sajikan tersebut memang sesuai dengan apa yang sedang dicarinya. Anda bisa gunakan keyword dan variasinya pada header, setidaknya sebanyak 40 persen dari header tersebut.  

5.      Gunakan Ragam Media

Meningkatkan ranking blog melalui pengaplikasian SEO bisa dilakukan dengan menggunakan ragam media yang tersedia pada website atau blog yang dimiliki. Anda bisa gunakan foto, video, audio, GIF, e-book, dan media lainnya, untuk meningkatkan engagement dengan pengunjung. Dengan cara ini, waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di website juga akan bertambah.

Manfaat Pengaplikasian SEO (Search Engine Optimization)

Populernya SEO untuk meningkatkan posisi website atau blog di laman hasil pencarian bukannya tanpa sebab. Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengaplikasikan SEO, terutama manfaat yang dirasakan oleh pengguna yang memanfaatkan website sebagai sarana marketing. Simak berikut ini beberapa manfaat SEO tersebut.   

1.         Meningkatkan Traffic

Salah satu manfaat dari pengaplikasian SEO adalah meningkatkan traffic. SEO memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens yang sifatnya lebih khusus, serta menghasilkan traffic yang berkualitas pada website atau blog yang Anda kelola. Tak perlu keluar duit untuk iklan di televisi atau pun telemarketing, peningkatan traffic bisa dilakukan dengan menggunakan SEO.

2.         Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Brand

Dengan mengimplementasikan SEO, maka Anda bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand yang Anda tampilkan melalui blog yang dikelola. Dengan ditampilkannya website Anda di peringkat teratas hasil pencarian, hal itu menunjukkan kalau konten tersebut sifatnya relevan dan benar, sehingga pas untuk dijadikan sebagai sumber dari informasi yang dicarinya.

3.         Meningkatkan User Experience

Adanya SEO juga bakal meningkatkan user experience atau UX pada website yang Anda kelola. SEO memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang jadi preferensi pengunjung, sehingga nantinya konten website bisa didesain sedemikian rupa untuk memenuhi preferensi pengunjung tersebut. Pengalaman pengguna yang baik akan memungkinkan pengunjung untuk kembali ke website tersebut.

4.         Memungkinkan Promosi Sepanjang Hari

Iklan yang dipasang di suatu tempat mungkin hanya bisa mempromosikan brand Anda dalam durasi waktu tertentu, namun tidak dengan website yang sudah diimplementasikan dengan SEO. SEO memungkinkan Anda untuk melakukan promosi sepanjang waktu, tanpa harus membuat bujet promosi Anda jadi membengkak.

5.         Meningkatkan Brand Awareness

Bagi para pebisnis, brand awareness merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki. Semakin tinggi tingkat brand awareness, maknanya masyarakat semakin kenal dengan brand tersebut dan kemungkinan untuk memakai brand tersebut juga semakin besar. Ujung-ujungnya, tentu saja hal tersebut berdampak pada profit yang diperoleh oleh perusahaan.

Meningkatnya brand awareness inilah yang menjadi salah satu manfaat dari pengaplikasian SEO. Dengan seringnya website resmi perusahaan muncul di peringkat teratas hasil pencarian, maka masyarakat luas akan semakin mengenali brand tersebut. Anda pun tidak perlu harus merogoh kocek terlalu dalam untuk meningkatkan brand awarenesss tersebut melalui iklan dan sejenisnya.

6.         Meningkatkan Penjualan

Salah satu alasan mengapa jasa SEO banyak dipakai adalah karena bisa meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak, dengan bertenggernya website di hasil pencarian teratas, membuat brand yang dipasarkan jadi lebih dikenal dan menarik banyak minat orang untuk membelinya. Meskipun tak semua pengunjung akan melakukan pembelian, setidaknya sebagian besar akan melakukannya.

7.         Memberikan Informasi Terkait Pembeli Potensial

Pengaplikasian SEO juga bermanfaat untuk memberikan informasi atau insight seputar klien ataupun pengunjung yang berpotensi sebagai pengguna dari brand yang dipasarkan. Informasi yang diperoleh tersebut misalnya lokasi yang paling banyak mengakses website tersebut, waktu di mana pengunjung paling aktif, informasi apa yang dicarinya di dunia maya, hingga bahasa yang digunakan.

Dengan mengetahui insight seputar pengunjung ini, Anda bisa dengan mudah mendesain pendekatan SEO yang akan dilakukan ke depannya. Adapun nanti inovasi yang dilakukan pada produk atau jasa yang akan dijual, bisa disesuaikan dengan karakteristik pengunjung yang bertandang ke website tersebut.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai pengertian SEO dan fungsinya, berikut dengan manfaat SEO tersebut. SEO lebih dari sekadar metode untuk memperbaiki ranking sebuah website, namun juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness dari pemilik website tersebut. Banyaknya manfaatnya inilah yang kemudian membuat jasa SEO begitu dicari sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *