Mengenal Semua Tentang Digital Marketing: Kelebihan dan Strategi Penerapannya

  • banjardigital
  • May 22, 2022

BanjarDigital.com – Digital Marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui media digital dan memanfaatkan jaringan internet. Digital marketing memiliki banyak kelebihan dibandingkan pemasaran tradisional. Mengenal digital marketing bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan bisnis atau brand milikmu secara lebih luas.

Digital marketing menggunakan teknologi internet yang penyebarannya sangat luas. Bahkan dapat menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia hingga mancanegara. Sehingga digital marketing bertujuan untuk menarik konsumen lebih banyak dan sesuai sasaran.  Maka dari itu bagi Anda yang memiliki bisnis harus mengenal digital marketing lebih baik.

Kelebihan Digital Marketing untuk Pelaku Bisnis

Digital marketing sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam upaya pemasaran produk atau brand. Hal ini membuktikan bahwa strategi digital marketing memiliki banyak kelebihannya. Nah, inilah beberapa kelebihan dari digital marketing.

  1. Penyebaran informasi lebih cepat

Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing lebih unggul karena pnyebaran informasi lebih cepat dan luas. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Bahkan kecepatan tersebut dapat dihitung dalam hitungan detik saja.

Bayangkan jika kamu masih menggunakan pemasaran tradisional dan mengandalkan dari mulut ke mulut pastinya membutuhkan tenaga dan usaha yang lebih besar. Bahkan hasilnya bisa lebih kecil.

  1. Proses evaluasi lebih mudah

Menggunakan digital marketing yang memanfaatkan berbagai media online memiliki kelebihan pada proses evaluasi yang lebih mudah. Seperti beberapa informasi data berapa jam produk ditonton, jumlah orang yang melihat produmu, dan berapa konversi penjualan dari iklan dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui data-data tersebut, kamu bisa dengan mudah melakukan proses evaluasi dan mengetahui iklan manayang paling berpengaruh. Sehingga kamu bisa langsung melakukan perbaikan yang lebih baik.

  1. Jangkauan lebih luas

Digital marketing mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas. Bahkan tak hanya di wilayah Indonesia saja, kamu bisa memasarkan produk hingga ke luar negeri. Kondisi seperti ini lebih  menguntungkan dalam meningkatkan penjualan.

Cara menggunakan digital marketing juga terbilang cukup mudah. Jika kamu merasa gaptek soal teknologi, banyak jasa yang menyediakan digital marketing dengan biaya yang terjangkau.

  1. Lebih efektif dan murah

Biaya digital marketing terbilang cukup murah dan terjangkau dibandingkan pemasaran konvensional. Sekaligus jauh lebih efektif karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Oleh karena itu banyak pengusaha yang memilih menggunakan digital marketing.

  1. Membangun nama brand lebih baik

Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah dapat meningkatkan nama brand dengan baik. Dengan menggunakan digital marketing ini, produk atau brand milikmu memiliki eksistensi yang penting karena banyak orang yang melakukan pencarian online sebelum membeli produk.

Kebanyakan orang akan mencari tahu produk yang akan mereka beli untuk melihat informasinya lebih jelas. Maka saat kamu memanfaatkan digital marketing ini akan meningkatkan pencarian mengenai produk yang dijual.

Strategi Penerapan Digital Marketing

Penerapan digital marketing tidak sembarangan digunakan begitu saja. Ada beberapa strategi penting untuk meningkatkan pemasaran melalui media digital. Berikut inilah strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan cara mengoptimasi situs website supaya berada di hasil pencarian paling atas di Google. Kamu harus memahami teknik atau cara kerja SEO untuk mendapat peringkat teratas. Cara ini cukup efektif diterapkan pada website milikmu.

Teknik pada SEO diantaranya adalah riset keyword, optimasi untuk meningkatkan website agar lebih mobile friendly dan link building. Kamu bisa mempelajari teknik-teknik SEO karena sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan teknik periklanan website yang muncul di hasil pencarian Google. Seperti misalnya jika kamu mengiklankan produk di website yang menggunakan teknik SEM, maka website tersebut akan muncul di pencarian teratas Google.

Untuk mendapatkan hasil yang tepat sasaran pastikan kamu memahami bagaimana cara menentukan target dan budget yang tepat. Apalagi jika masih pemula maka harus lebih efektif menggunakan teknik SEM.

  1. Website

Digital marketing akan memberikan hasil yang maksimal jika kamu memiliki website. Jangan sampai kamu tidak membuat website untuk memasarkan produk atau brand untuk mengantisipasi penurunan penjualan.

Sebagai perusahaan yang ingin membangun reputasi yang baik, kamu harus melakukan digital marketing secara professional. Cara membuat website juga cukup mudah dan tanpa proses yang lama.

  1. Copywriting

Copywriting merupakan sebuah teknik menulis yang menarik dan sifatnya persuasif sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Copywriting sangat tepat dalam melakukan upaya digital marketing kerena jangkauannya sangat luas.

Selain itu copywriting bisa digunakan untuk semua jenis media pemasaran seperti blogspot, newsletter, iklan Google atau Facebook dll. Copywriting sangat mudah dilakukan dan bisa oleh siapa saja.

  1. Sosial Media Marketing

Social media memiliki potensi yang besar untuk memasarkan produk melalui digital. Hal ini karena banyak pengguna media sosial dari semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua.

Akan tetapi tidak berarti kamu harus menggunakan semua sosial media tersebut. Pilih salah satu sosial media yang paling tepat lalu fokus pada hal itu. Dengan begitu akan lebih efektif dan tidak memakan terlalu banyak biaya dan tenaga.

  1. Email Marketing

Email marketing termasuk strategi yang efektif dalam mempromosikan produk. Pada proses ini, email marketing menawarkan hasil yang lebih besar dengan investasi yang cenderung sedikit. Pastikan memilih tools yang tepat agar pemasaran tertuju pada sasaran yang tepat.

  1. Content Marketing

Menarik perhatian pembaca atau pelanggan merupakan hal utama yang harus kamu lakukan. Dengan merencanakan dan membagikan konten mengenai perusahaan akan memberikan motivasi calon pembeli agar tertarik dengan produkmu.

Kamu dapat membuat konten pemasaran melalui website, media social, infografis dan brosur online. Jika hal ini terus dilakukan pasti akan meningkatkan jumlah pembaca dan pelanggan produkmu.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan aktifitas merujuk para pembaca atau pengunjung ke bisnismu dengan memanfaatkan mitra bersama layanan pengguna lain untuk meningkatkan komisi penjualan. Affiliate marketing bisa dilakukan melalui hosting video ads dan youtube.

  1. Native Advertising

Native advertising merupakan salah satu bentuk konten berbayar yang ditampilkan seperti konten pada media social. Konten tersebut termasuk dalam bagian dari media social yang terkait. Diantaranya adalah promoted post pada Instagram dan Facebook.

  1. Bekerjasama dengan Influencer

Biasanya influencer ini sering memasarkan produk melalui blogger, youtube dan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Kamu harus memilih jenis influencer yang tepat agar pemasaran produk bisa lebih tepat sasaran.

Nah itulah beberapa penjelasan lengkap bagi kamu yang ingin mengenal digital marketing lebih dalam sekaligus berbagai strategi penerapannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunaan layanan jasa digital marketing dari Banjar Digital. Anda bisa mengunjungi halaman website resmi banjardigital.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *