Kenali Pengertian Desain Grafis, Ragam Jenis dan Fungsinya

  • banjardigital
  • Nov 21, 2022

BanjarDigital.com – Desain grafis menjadi salah satu bidang yang sangat populer akhir-akhir ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya konten-konten digital yang beredar, desain grafis semakin diminati. Sebenarnya apa pengertian desain grafis itu, apa saja jenisnya, dan apa fungsi dari bidang yang satu ini? Mari kenali lebih jauh lewat artikel berikut ini!

Pengertian Desain Grafis

Sebelum menyelam lebih jauh, tentu Anda harus paham dulu mengenai pengertian dari bidang yang satu ini. Desain grafis itu sendiri merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan dalam bentuk visual. Bukan dalam bentuk kata-kata atau tulisan, desain grafis akan berkomunikasi melalui gambar atau desain visual.

Secara etimologi, desain grafis ini berasal dari kata desain dan grafis. Desain itu sendiri merupakan sebuah metode perancangan yang mengedepankan estetik dan kreativitas. Sementara itu grafis adalah sebuah perancangan titik dan garis hingga membentuk sebuah gambar yang nantinya menunjukkan simbol atau makna tertentu.

Bidang ini memang terus berkembang seiring kemajuan zaman dan teknologi. Jika Anda tertarik untuk menggeluti bidang ini, maka pahami dan kenalilah lebih dalam terlebih dahulu. Supaya lebih mudah memahami desain grafis, mari lihat pengertian desain grafis menurut ahli berikut ini.

  • Danton Sihombing: desain grafis merupakan upaya mempekerjakan berbagai jenis elemen seperti simbol, marka, juga uraian verbal yang kemudian diperlihatkan dalam bentuk tipografi dan gambar baik menggunakan teknik fotografi maupun ilustrasi.
  • Suyanto: desain grafis merupakan bentuk pengaplikasian keterampilan seni dan komunikasi yang dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis juga industri seni komersial.
  • Blanchard: desain grafis adalah sebuah seni komunikatif yang berkaitan dengan bidang seni, industri, serta proses untuk menghasilkan visual di berbagai jenis permukaan.
  • Warren: desain grafis merupakan sebuah terjemahan dari ide dan tempat ke berbagai jenis urutan struktur juga visual.

Ragam Jenis Desain Grafis

Karya desain grafis itu sendiri ternyata dibagi menjadi banyak jenis. Setelah memahami pengertian desain grafis menurut ahli tadi, mari lihat apa saja jenis dari karya desain grafis tersebut.

1.                Visual Identity

Pertama ada desain grafis visual identity. Ini merupakan jenis desain grafis yang digunakan untuk membuat identitas baik sebuah organisasi maupun usaha kecil dan besar. Visual identity akan menggunakan perpaduan warna, gambar, dan bentuk yang bisa merepresentasikan identitas dari sebuah brand, organisasi, maupun usaha tertentu.

Dalam menciptakan desain grafis visual identity ini, desainer harus bisa memahami lebih jauh tentang brand atau bisnis atau organisasi yang akan direpresentasikan. Pemahaman mengenai identitas tersebut akan mempermudah mereka dalam membuat desain visual yang tepat.

2.                Pemasaran dan Periklanan

Ada pula desain grafis yang digunakan dalam pemasaran dan periklanan. Ini mungkin menjadi bentuk desain grafis yang paling mudah untuk Anda temui karena memang tersebar begitu banyak di berbagai jenis media. Tujuannya tentu saja untuk memasarkan sebuah produk, brand, atau bisnis tertentu.

Desain grafis ini terbagi menjadi berbagai jenis media seperti media cetak hingga digital. Tentu saja bentuk desain grafis seperti ini harus dibuat sebagus mungkin. Dari segi visual harus benar-benar menarik sehingga bisa membuat masyarakat ingin melihat lebih jauh tentang objek yang diiklankan. Itulah mengapa di zaman sekarang ini desainer grafis sangat dibutuhkan para pebisnis.

3.                Desain Kemasan

Zaman sekarang ini pelaku usaha berlomba-lomba untuk menghadirkan kemasan yang tidak hanya bisa melindungi produk secara optimal tapi juga estetik. Desain kemasan yang menarik menjadi sebuah poin plus tersendiri yang akan mengangkat derajat dari produk tersebut. Selain itu desain kemasan ini juga akan berpengaruh pada persaingan dengan kompetitor di dunia bisnis.

Apapun bentuk atau jenis kemasan yang digunakan, jika dilengkapi dengan desain grafis yang bagus maka akan memberikan peluang yang baik. Ini bukan hanya dilakukan demi menjaga produk tetap bagus namun juga sebagai usaha promosi. Percaya atau tidak, desain kemasan yang menarik ternyata juga ikut berpengaruh pada angka penjualan dan jumlah konsumen.

4.                Interface

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan website maupun aplikasi yang sekarang begitu mudah dijangkau lewat smartphone. Saat membuka website atau aplikasi, Anda akan melihat interface atau antarmuka. Interface ini merupakan salah satu contoh desain grafis yang pembuatannya tidak mudah dan harus direncanakan dengan sebaik mungkin.

Coba bayangkan Anda sebagai pengguna aplikasi atau pengunjung sebuah website. Saat desain antarmuka dari laman tersebut jelek dan ribet Anda pasti langsung malas. Lain halnya jika antarmuka dibuat lebih simple dan user-friendly, pasti akan lebih mudah disenangi oleh banyak orang. Tidak heran jika tenaga desainer grafis juga pasti akan dibutuhkan oleh sebuah website maupun pengembang aplikasi.

5.                Graphic Motion

Pernah dengar tentang graphic motion? Ini merupakan sebuah desain gambar yang bergerak. Contoh desain grafis motion ini bisa berupa animasi, topografi, video, efek, dan masih banyak lagi. Jika dulu graphic motion ini hanya muncul di media TV, maka sekarang semakin luas lagi karena bisa muncul pula di media digital seperti media sosial.

Sebenarnya ini merupakan bentuk desain grafis yang terbilang masih baru. Meskipun begitu, bentuk desain grafis satu ini sangat populer. Apalagi diiringi dengan perkembangan konten di media sosial yang membutuhkan desain grafis dalam bentuk graphic motion. Tidak heran jika desainer yang punya keahlian membuat desain graphic motion sekarang sangat laris dibutuhkan.

Anda bisa melihat banyak sekali contoh desain grafis di berbagai media. Dari contoh-contoh tersebut Anda bisa mengidentifikasi sendiri jenis-jenisnya. Bentuknya memang sangat beragam mengingat ini merupakan produk kreativitas. Anda bisa pilih secara spesifik mana bentuk desain grafis yang ingin ditekuni lebih dalam.

Fungsi Desain Grafis

Lalu apa sebenarnya fungsi dari desain grafis itu sendiri? Ada beberapa fungsi yang dijalankan oleh bentuk kreativitas ini. Dari beberapa bentuk desain grafis yang sudah disebutkan tadi, Anda mungkin bisa mendapatkan gambaran apa saja fungsi yang dimiliki.

Pertama, desain grafis merupakan sebuah media komunikasi. Komunikasi tersebut dilakukan dalam bentuk visual atau gambar. Tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan informasi tertentu kepada orang yang melihatnya. Kemudian, desain grafis juga menjalankan fungsi sebagai media promosi. Entah itu dalam bentuk logo, desain kemasan, hingga desain iklan yang dipublikasikan lewat berbagai media.

Fungsi desain grafis berikutnya adalah media apresiasi seni karena bagaimanapun juga ini merupakan bentuk kesenian dan kreativitas. Desain grafis akan menjadi sebuah media penyalur hobi namun bisa juga menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Hasil karya desain grafis itu sendiri juga akan menambah keindahan dari sebuah objek dan akan meningkatkan daya tariknya di mata publik.

Bisa dipahami bahwa desain grafis merupakan sebuah bidang yang cukup menarik untuk digeluti saat ini. Prospeknya sangat menjanjikan dan bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Bidang ini juga tampaknya akan terus berubah dari waktu ke waktu mengingat teknologi di dalamnya juga terus berkembang dan kreativitas desainer yang terlibat juga pasti akan terus berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *